Minggu, 19 Mei 2013

Wedang Uwuh Minuman Tradisional Khas Yogyakarta


Jika kita pergi ke Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi minuman khas kota ini. Ya Benar, namanya Wedang Uwuh. Lalu apa sih yang dimaksud dengan wedang uwuh ini, berikut penjelasan singkatnya. Wedang berasal dari bahasa Jawa yang artinya minuman, kata uwuh berasal dari bahasa Jawa juga yang memiliki arti sampah. memang agak aneh ya, namun karena memang racikan minuman ini mirip sampah maka dinamakan Wedang Uwuh atau Minuman Sampah. Wedang uwuh dengan cita rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah ini dianjurkan disajikan dalam kondisi hanya untuk memunculkan aroma harum khas. Rasa pedas dihasilkan dari bahan baku jahe, untuk warna merah ini dihasilkan dari secang.
Banyak manfaat dari meminum wedang uwuh salah satunya dapat menghilangkan masuk angin, dapat juga menghilangkan capek dan linu, menghangatkan badan karena jahe yang terkandung di dalamnya, menurunkan kolesterol juga merupakan salah satu manfaat dari jahe dan kaya akan antioksidan karena kayu secang dan kayu manis yang juga memperlancar peredaran darah.

Bahan Bahan Wedang Uwuh
Jahe
Dalam banyak penelitian, jahe adalah bersifat antikoagulan (anti penggumpalan darah), artinya Jahe ini mampu digunakan sebagai pencegah penyumbatan pembuluh darah, yang merupakan pemicu stroke, serta mencegah serangan jantung. Jahe juga digunakan sebagai penurun kadar kolesterol serta meminimalisasi penyerapan kolesterol pada darah dan hati.

Kayu Secang
Kayu ini lah yang memberikan warna merah pada Wedang Uwuh. Masyarakat Yogyakarta telah lama mengenal Kayu Secang (Caesalpinia sappan), kayu ini digunakan dalam ramuan untuk pengobatan seperti sifilis, batuk darah, dan radang. Kayu Secang ini juga memiliki kemampuan sebagai antioksidan, antikanker, memperlancar peredaran darah, serta melegakan pernapasan.

Cengkeh
Semua yang ada dalam pohon Cengkeh, baik itu bunga, batang, serta daun sudah sejak lama terbukti memiliki khasiat untuk meredakan sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, terlambat haid, rematik, campak, dan lain-lain.

Kayu Manis
Kayu manis dan Daun Kayu manis ini lah yang memberikan “Wedang Uwuh” memiliku aroma segar dan khas. Campuran jahe dan kayu manis berkhasiat memiliki fungsi sebagai penambah daya tahan tubuh, ini dikarenakan kandungan antioksidannya tinggi.

Pala
Pala dan daun pala memiliki keharuman semerbak, ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Kandungan kimia flavonoid, saponin dan polifenol dapat mengatasi batuk berlendir, membantu pencernaan, penghilang kejang otot, menghilangkan nyeri, mengobati masuk angin, insomnia (gangguan susah tidur), bersifat stomakik (memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan), melancarkan sirkulasi darah, karminatif (memperlancar buang angin), antiemetik (mengatasi rasa mual mau muntah karena masuk angin), nyeri haid, rematik dll.

Akar Sereh dan Daun Sereh
Akar Sereh sejak lama digunakan sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak / obat batuk, bahan untuk kumur, dan penghangat badan. Daun: digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.

Kapulogo
Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik. Dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk dan untuk mencegah keropos tulang.

Gula Batu
Gula batu memberikan rasa manis yang khas tanpa menghilangkan aroma dan citarasa asli bahan-bahan ramuan “Wedang Uwuh” ini.
Oleh masyarakat Jogja, gula batu ini sudah dikenal sejak lama sebagai obat batuk yang membandel. Dengan cara memotong buah ketimun, kemudian meletakan gula batu secukupnya di tengah-tengah biji ketimun, tunggu hingga gula batu mencair, lalu lelehan cair gula batu yang ada pada biji ketimun tersebut diminum dikit demi sedikit hingga larutan gula batu tadi habis.

3 komentar:

  1. Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Minuman ramuan tradisional khas Yogyakarta terbuat dari 100% rempah alami yang sudah turun temurun sejak zaman Raja-raja Mataram.

    Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional alami khas Jogjakarta yang terbuat dari rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik & nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan.

    Sejak zaman nenek moyang terdahulu, bahan ramuan Wedang Uwuh dipercaya dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb.

    Saat ini ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja makin digemari & banyak dikonsumsi untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.



    Varian Produk Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    1. Rempah / Original
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang masih berbentuk bahan baku asli dengan penyajian diseduh ataupun direbus.
    •Netto 40 gram untuk 1gls besar.
    •Netto 65 gram untuk 5-6 gls besar

    2. Instan
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
    •Netto 50 gram untuk 4gls.

    3. Instan Ekstra Pedas (Rasa Lebih Pedas)
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan rasa lebih pedas, cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
    •Netto 50 gram, untuk 4gls

    4. Celup
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang masih berbentuk bahan baku asli dikemas menjadi kantung celup (seperti teh celup) dengan penyajian diseduh.
    •Kemasan tas isi 10 kantung, per kantung dapat untuk 3gls besar.


    Profil Angkringan Jogja

    Pusat produsen dan Pusat Grosir penjualan Wedang Uwuh bermerk dagang Angkringan Jogja minuman kesehatan Tradisional khas Jogjakarta yang terbuat dari 100% rempah alami.
    Produk " Wedang Uwuh " dikemas dengan Kemasan Plastik & Kantung Tas Kertas Klasik.


    Pembelian & Pemesanan Produk

    Sedia untuk pemesanan , penjualan produk, kerjasama Distributor, Agen, Reseller dan Grosir.

    Alamat :
    Jl. Patuk – Dlingo km 11, Klepu Rt 01, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.
    Kode Pos 55783

    Kontak & SMS :
    - +6281392977979 ( Telkomsel )
    - +6285642335089 ( Indosat )
    - +6281904131899 ( XL )
    - +622747849189 ( Flexi )
    - 0101702747849189. ( Flexi untuk luar kota Jogja, tariff Rp 100,-/menit)

    BB PIN : 316454c4

    Website :
    http://www.angkringan-jogja.com
    http://www.wedang-uwuh.com

    Email :
    angkringan_jogjakarta@yahoo.co.id

    Facebook :
    Angkringan Jogjakarta
    Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    BalasHapus
  2. WEDANG UWUH
    Bila anda berwisata ke Jogja dan mengunjungi makam Imogiri/ makam Raja-raja Mataram (diantaranya yang terkenal adalah Sultan Agung Hanyokro Kusumo dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX (mantan Wakil PresidenRepublik Indonesia)) di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, di sekitar komplek makam banyak warung/toko yang menyediakan Wedang Uwuh. Keingintahuan segera timbul bahkan yang tidak mengerti bahasa Jawa sekalipun.
    Dalam bahasa Jawa ‘wedang’ berarti minuman, sedangkan ‘uwuh’ berarti sampah. Jadi? Minuman sampah? Bukan minuman dari sampah! Tetapi minuman yang terbuat dari dedaunan dan rempah ( daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala, serutan kayu secang, jahe dan lain-lain ) yang disajikan dalam gelas bening dan masih terlihat bahannya seperti sampah. (‘jadul’, konotasi ‘uwuh’ bagi orang Jawa/Imogiri adalah daun yang rontok karena sudah tua dan kering, yang menyebabkan suasana kotor di halaman rumah)
    Walau terlihat seperti sampah, tetapi bila anda melihat warna merahnya tentu akan berselera untuk mencoba dan ketika aroma sampai hidung akan menyegarkan suasana. Dan setelah mencoba akan merasakan sensasi nikmatnya minuman ini.
    Berawal dari era tahun 1970an (bahkan mungkin jauh sebelum itu), para ‘abdi dalem’ pengurus makam dan pedagang warung di komplek makam, memanfaatkan daun cengkeh kering yang berjatuhan dijadikan minuman dicampur gula jawa,yang disebut “wedang cengkeh”.
    Sesuai dengan berlalunya waktu, masyarakat Imogiri yang dikenal kreatif dan mempunyai cita rasa kesempurnaan kenikmatan, menambah ramuan yang menghasilkan minuman yang nikmat dan menyegarkan suasana.
    Masyarakat Imogiri menikmati wedang uwuh dengan cara ‘mat-matan’’, disajikan dengan gula batu supaya manisnya terasa mantap. (Mat-matan: meluangkan waktu khusus untuk menikmati sesuatu (biasanya untuk mengisi waktu istirahat))

    BalasHapus
  3. Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    www.angkringan-jogja.com
    www.wedang-uwuh.com

    SOLUSI KESEHATAN TRADISIONAL 100% ALAMI DENGAN MINUMAN KHAS JOGJA .... (Y)

    Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional alami khas Jogjakarta yang sudah turun temurun sejak zaman Raja-raja Mataram terbuat dari 100% rempah-rempah alami.

    Dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik & nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan dipercaya berkhasiat untuk menjaga kebugaran juga sebagai anti oksidan, anti kanker, dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi, batuk darah, kolesterol, migran, insomnia, diabetes, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb

    Saat ini ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja makin digemari & telah menjadi ICON ANGKRINGAN yang juga banyak dikonsumsi di cafe, resto, spa, hotel dll di seluruh Indonesia dan beberapa manca negara untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.

    Pusat Produsen & Pusat Grosir “Wedang Uwuh“ bermerk ”Angkringan Jogja” minuman kesehatan Tradisional khas Jogjakarta yang terbuat dari bahan 100% rempah-rempah alami.


    Order, informasi detail produk, kerjasama Distributor, agen dan reseller hubungi Marketing kami :

    WhatsApp = +6281392977979
    BBM PIN = 316454c4

    Kontak :
    +62813-9297-7979 ( Telkomsel )
    +62856-4233-5089 ( Indosat )
    +62819-0413-1899 ( XL )

    Website :
    www.angkringan-jogja.com
    www.wedang-uwuh.com

    Email :
    marketing@angkringan-jogja.com

    Facebook :
    Angkringan Jogjakarta
    Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Messenger :
    Yahoo Messenger = angkringan_jogjakarta

    Alamat Kantor & Produksi :
    Jl. Patuk – Dlingo km 11, Klepu Rt 01, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia 55783

    SEMOGA BERMANFAAT..... (Y) :)
    .
    .
    .
    | www.angkringan-jogja.com | www.wedang-uwuh.com | www.angkringanjogja.com | www.jualwedanguwuh.web.id | www.grosirwedanguwuh.com | www.produsenwedanguwuh.com | www.sediawedanguwuh.com | www.wedanguwuhoriginal.com | www.wedanguwuhinstan.com | www.wedanguwuhcelup.com | www.wedanguwuhmurah.com | www.wedanguwuhseduh.com | www.bisniswedanguwuh.com | www.jualwedanguwuhmurah.com | www.supplierwedanguwuh.com | www.wedanguwuhserbuk.com | www.wedanguwuhyogya.com | www.wedanguwuhrempah.com | www.wedanguwuh.biz | www.wedanguwuh.info | www.angkringan-yogya.com |
    #WedangUwuhAngkringanJogja #PusatProdusenWedangUwuhJogja #ProdusenWedangUwuhJogja #PusatGrosirWedangUwuhJogja #ProdusenWedangUwuh #GrosirWedangUwuh #WedangUwuhAsliJogja #WedangUwuhJogjaAsli #JualWedangUwuhMurah #JualWedangUwuh #JualWedangUwuhJogja #PabrikWedangUwuh #SentraWedangUwuh #DistributorWedangUwuh #AgenWedangUwuh #ResellerWedangUwuh #ManfaatWedanguwuh #KhasiatWedangUwuh #WedangUwuhImogiri #WedangUwuhOnline #WedangUwuhInstan #WedangUwuhSeduh #WedangUwuhCelup #WedangUwuhKhasJogjakarta #WedangUwuh #AngkringanJogja #Angkringan #Jogja #promo #herbal #marketing #sales #onlineshop


    BalasHapus