Sabtu, 12 November 2011

Pengaruh Iklan Televisi


Perkembangan dunia televisi di Indonesia menunjukkan perkembangan yang luar biasa. Hanya dalam beberapa tahun muncul lima stasiun swasta RCTI, SCTV, TPI, AN TV, dan INDOSIAR. Ke lima stasiun swasta ini saling bersaing membuat sajian informasi, hiburan dan pendidikan. Tentu saja perkembangan seperti itu tidak dapat dilepaskan dari dukungan dana yang besar. Dan sumber terbesar untuk mendapatkan dana ini, tidak bisa dilepaskan dari dunia iklan. Apalagi dengan munculnya televisi swasta, dipastikan jumlah iklan yang beredar akan sangat besar karena memang dibutuhkan oleh pengelola media massa, seperti televisi. Akibatnya, televisi ibarat pasar bebas hasil produk yang ditawarkan langsung kepada masyarakat. 

Untuk kebanyakan masyarakat tradisional Indonesia yang juga lebih banyak tinggal di daerah pedesaan, bisa berdampak secara negatif atas informasi melalui iklan ini. Mereka akan menuntut dan membebani diri mereka sendiri untuk memenuhi dan menggunakan hasil informasi produk iklan yang mereka terima tanpa melihat kemampuan yang semestinya. Mereka berbondong-bondong ke kota hanya menghabiskan persediaan uangnya karena kepuasan membeli barang yang sesuai iklan televisi dan kemudian memamerkan ke tetangga dan masyarakat mereka dan akhirnya mereka akan kebingungan karena anggran rumah tangganya yang defisit dan tidak jelasnya kegunaan barang yang mereka punyai tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar