Sabtu, 06 November 2010

Walikota: 99% Lahar Dingin Akan Meluap di Kali Code, 7 Kecamatan Siaga

Walikota: 99% Lahar Dingin Akan Meluap di Kali Code, 7 Kecamatan Siaga

Jakarta - Lahar dingin Merapi yang mengalir ke Kali Code yang membelah pusat kota Yogyakarta, hampir meluap. 7 Kecamatan yang dilintasi kali tersebut pun mewaspadai kemungkinan luapan kali tersebut.

"Prediksi saya, 99 persen lahar dingin akan meluap di Sungai Code di atas ketinggian tanggul jika ada hujan selebat tadi malam," kata Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto, saat dihubungi detikcom, Jumat (5/11/2010).

Luapan tersebut, lanjut Herry, dikarenakan pendangkalan di Kali Code akibat aliran lumpur dan bebatuan dari Merapi yang terjadi luar biasa cepat.

Menurut dia, ada 7 kecamatan di Kota Yogyakarta yang dilintasi kali tersebut. 7 Kecamatan tersebut adalah Gondokusuman, Danurejan, Pakualaman, Pegangsan, Umbulharjo, Jetis dan Gondomanan.

"Semua wilayah di pinggir kali itu harus waspadai luapan. Karena ada 7 kecamatan yang dilewati kali itu, maka ada 7 titik yang harus diwaspadai," sambung pria berkacamata itu.

Herry mengatakan, pihaknya telah mengimbau kesiagaan pemkot dan masyarakat sepanjang bantaran Kali Code. Sebab saat ini status bahaya luapan Kali Code sudah siaga menuju awas.


Link : detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar